Rabu, 20 Maret 2013

Maicih

Logo Maicih bambangworld.blogspot.com 

Profil Produk
1. Keripik singkong pedas ( level 3,5,10)
2. Baso Goreng
3. Gurilem
4. Seblak


Profil Bisnis
Dengan Tagline : “ For Ichiher With Love “ maicih ingin tampul dekat dengan para penggemarnya, selalu memanjakan penggemarnya di seantero nusantara dengan cita rasa yang berkualitas.
Awal Usaha :
·         Dimulai pada pertengahan 2010
·         Dengan modal 15 juta
·         Produksi 50 bungkus per hari
·         Varian awal yang keluar keripik dan gurilem
·         Memproduksi level 1 sampai level 5
·         Dipasarkan dengan cara kelililing



Maicih Masa Kini
·         Membuat varian sampai level 10
·         Demand konsumen sangat tinggi
·         Kapasitas produksi hingga kini 2000 bungkus / hari
·         Omset per bulan 800 – 900 Juta ( ± 30 jt / day )
·         Memiliki 20-an jenderal as a marketer
·         Pemasaran di Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, dll melalui jenderal
·         Pegawai Produksi yang dimiliki 30-an
Logo Maicih baru bambangworld.blogspot.com

Belum genap setahun, 'keripik setan' bermerek Maicih menjadi ikon jajanan yang fenomenal di Bandung. Bak tersihir, saat ini banyak orang yang penasaran akan cemilan pedas yang satu ini. Sosok dibalik kesuksesan Maicih adalah Reza Nurhilman atau yang akran disapa Axl. Laki-laki berumur 23 tahun inilah yang menemukan resep keripik dari seorang nenek-nenek.Axl bertemu sosok emak-emak (Nenek-nenek )  yang memang mempunyai resep keripik lada atau keripik setan yang rasanya enak. Sosok emak-emak tersebut bukan bernama Maicih. Axl sendiri membuat nama tersebut agar lebih nyeleneh dan mudah diingat orang. Sosok emak-emak ini identik dengan ke-icihan. Dia pake selalu pakai ciput. Nama aslinya bukan Mak Icih, biar nyeleneh saja jadi beri nama Maicih. Pertemuan Axl dengan Si Emak tersebut terjadi sekitar 3 tahun lalu di daerah Cimahi. Menurut Axl, Emak tersebut tidak menjual keripik setannya secara komersil. Keripik hanya diproduksi saat momen-momen tertentu saja. Sehingga pada tahun 2010.
Kunci sukses pada bisnis yang dilakukan Axl adalah terletak pada bagaimana cara dia berfikir “out of the box” . hal ini ternyata ampuh dilakukannya terbukti dengan usaha yang ia jalani sekarang sangat menjadi bahan perbincangan di kalangan anak muda. Orang penasaran ingin mencoba apa itu maicih, yang digembar-gemborkan orang di twitter. Axl suskses karena berkat ketekunan dan keyakinan nya akan bisnis yang ia jalankan. Menjadi sukses adalah kewajiban dan hak setiap orang. Suskes tidak mungkin datang sendiri , tetapi melalui sebuah perjuangan yang gigih pantang menyerah. Suatu kegagalan itu adalah sangat wajar , orang mengalami kegagalan belum berarti dia menjadi orang yang gagal total, namun sesungguhnya ada hikmah dibalik semua itu yaitu Keberhasilan.

Kelebihan : Produk ini mempunyai ciri khas tersendiri dalam memasarkan produknya ,    seperti memakai ''level'' dalam tiap tiap produk keripik yang di produksi ( level 1 - 10 ) dari level terendah yang tidak terlalu pedas hingga level tertinggi yang pedas . Dengan trik pemasaran seperti ini cukup dapat menarik minat konsumen untuk mencoba produk tersebut .
 
Kelemahan :  Produk Maicih mengandalkan rasa penasaran ke pihak konsumen dengan menggunakan level , jika konsumen sudah merasakan semua level maka akan timbul sedikit perasaan bosan dan mungkin akan beralih / mencoba produk produk lain .

1 komentar: